Senin, 18 Januari 2010

2009: Gaza, Obama, Jilbab, Kubah Masjid dan Michael Jackson PDF | Print |

Apa yang ditinggalkan oleh tahun 2009 kemarin? Setidaknya ada lima hal besar yang menyita perhatian dunia internasional: Gaza, Obama, jilbab, kubah masjid dan Michael Jackson.



Awal Januari 2009, kita sudah disodori Gaza Under Attack. Ini tentang Palestina yang dijajah oleh Israel. Dan penyerangan Israel ke bumi Gaza merupakan sebuah titik balik pertama dalam beberapa tahun terakhir, karena sebelum itu, dunia tidak begitu memalingkan diri ke Palestina dengan sangat peduli. Semakin terbukanya internet menghabisi Israel, bahkan di negara-negara Eropa dan Amerika, paham anti-Semit atau orang yang membenci Yahudi semakin terbuka dan merebak.


Setelah itu, ada Muslim Uighur, penderitaan orang-orang Uighur, yang mendalam sebagai Muslim Xinjiang. Siapakah mereka? Apa impian mereka? Betapa keras diskriminasi yang mereka hadapi?

Di Iran, pada bulan Februari, tidak ada cara untuk melewatkan perayaan Revolusi Iran. Akan kembali dalam waktu 30 tahun, cakupan profil diaspora Iran, sejarah revolusi, dan negara status quo dari perspektif global.

Tentu saja, ketika berbicara tentang pemilihan dan perubahan di dunia panggung politik, orang menemukan Obama sebagai presiden AS yang sangat penting. Setelah pelantikan Obama, Amerika di bawah Obama, dengan fokus pada isu-isu umum seperti kesehatan, resesi ekonomi, dan rasisme. Dan jangan lupakan pula Afghanistan dan Talibannya.


Ada begitu banyak masalah kronis bagi rakyat Afghanistan: pemerintah korupsi, ketidakamanan, pengangguran, kemiskinan, dan lain-lain.

Pada hari Kamis, 25 Juni penggemar musik di seluruh dunia terkejut akan berita kematian mendadak Michael Jackson, ikon dan raja musik pop. Perdebatan memanas karena apakah ia Muslim ataukah apa? Penyanyi Muslim seperti Yusuf Islam dan Dawud Wharnsby; tokoh masyarakat seperti Nelson Mandela dan Imam Zaid Shakir; dan wartawan Muslim terkenal seperti Zahed Amanullah menyatakan sesuatu tentang Michael Jackson. "Dia tampaknya memiliki hati seorang anak, meskipun ia adalah seorang raksasa dari seorang musisi. Begitu saya dengar dia dibawa ke rumah sakit, yang terburuk telah diantisipasi," kata Yusuf Islam.


Jermaine Jackson—kakak Michael—mengucapkan sebuah kalimat di acara prosesi kematiannya. “Semoga Allah bersamamu , Michael, selalu."

Berita seperti larangan menara Swiss, Prancis dengan larangan burqa, dan kesyahidan Marwah El-Sherbini yang jelas dramatis dan tragis untuk umat Islam pada tahun 2009. Akhirnya dunia Islam di tahun 2009 ditutup dengan sebuah peristiwa alam yang banyak menggentarkan hati semua orang: Mekkah dilanda banjir besar ketika tengah melaksanakan ibadah haji.



Di tahun 2010, akan ada apakah lagi? (sa/iol/eramuslim)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar