Rabu, 09 Desember 2009

Sekilas Tentang Perpustakaan

Perpustakaan berasal dari kata ’’Pustaka” menurut kamus umumbahasa
Indonesia karangan WJ.Purwadarminta,Kata pustaka artinya buku,sedangkan
Perpustakaan artinya kumpulan buku (bacaan dsb).
Perpustakaan dalam bahasa inggris disebut ”Libray” berasal dari bahsa romawi
yaitu” Librarium” yang terdiri dari kata Liber artinya buku sedangkan
armarium.artinya Lemari.
Jadi dilihat dari kata asalnya, berarti lemari di mana didalamnya terdapat buku
buku.
Definisi perpustakaan secara sederhana dapat disebut:
Perpustakaan adalah suatu wadah atau tempat di mana didalamnya terdapat
bahan yang disusun menurut sistim tertentu untuk masyarakat membacanya
guna meningkatkan mutu kehidupannya. Dan merupakan penunjang bagi
kelangsungan pendidikan yang memadai yang sangat penting.
penting artinya bagi suatu riset ilmiah, sebagai bahan acuan atau referensi.
Perpustakaan yang di kenal selama ini oleh komunitas Pengguna Perpustakaan.
perpustakaan “biasa” dalam arti perpustakaan sekolah yang menyediakan jasa
pembelajaran dan sumber daya bagi semua anggota komunitas sekolah dalam
bentuk buku: baik buku pelajaran, buku penunjang pelajaran maupun buku
koleksi,
surat kabar serta majalah.
Mengingat perkembangan zaman yang begitu pesat di bidang teknologi
informasi dan komunikasi, Pengguna Perpustakaan
mencoba
mengikuti dan menjawabnya dengan mengadakan e-library yang diharapkan
mampu memberikan layanan dan nuansa yang berbeda bagi pengguna jasa di
perpustakaan .
Perpustaakaan “biasa” dalam arti perpustakaan sekolah yang menyediakan jasa
pembelajar dan sumber daya bagi semua anggota komonitas sekolah dalam
bentuk buku: baik buku pelajaran ,buku penunjang,buku penunjang pelajaran
maupun buku koleksi
perpustakaan dan informasi yang sangat penting bagi Pengguna Perpustakaan
Perpustakaan Umum yang dikeluarkan oleh UNESCO. Staf perpustakaan
menunjang penggunaan buku dan sumber informasi lainnya, mulai dari buku
fiks
sampai dokumenter, dari tercetak sampai elektronik, yang tersedia di sekolah
maupun tempat lain.
Perpustakaan sekolah menyediakan informasi dan ide yang merupakan dasar
keberhasilan fungsional dalam masyarakat masa kini yang berbasis pengetahuan
dan untuk menggali mengetahuan luar.
informasi. Perpustakaan sekolah membekali murid berupa keterampilan
pembelajaran sepanjang hayat serta imajinasi, memungkinkan mereka hidup
sebagai
warganegara yang bertanggungjawab. .e-library merupakan sumber yang
sempurna
untuk mengirimkan teks lengkap dan referensi penting mutimedia, mudah untuk
digunakan sebagai sarana penelitian dengan mudah.
Siswa menemukan jawaban yang mereka butuhkan dari buku referen surat kabar
dan majalah,
surat kabar, buku-buku dan transkrip teks lengkap: termasuk beberapa peta,
gambar,
website pendidik dari pusat pekerjaan rumah dan file audio/vidio.
Manfaat e-library sebagai suatu layanan baru di perpustakaan
Komonitasnyya sebagai berikut
1. e-library merupakan layanan yang dapat membantu pada inisiatif
pembelajaran
2. e-library merupakan sumber yang sempurna untuk mengirmkan teks lengkap
dan referensi penting mutimedia, mudah untuk digunakan dalam penelitian,
dalam mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru.
3. Siswa menemukan jawaban yang mereka butuhkan lebih dari buku freferen
surat kabar, buku-buku dan transkrip teks lengkap: termasuk beberapa peta,
gambar, website penddik dari pusat pekerjaan rumah dan file audio/vidio
4. Guru dan pustakawan bekerja sama untuk membangun mata rantai yang kuat
terhadap isi yang terpilih. Menciptakan daftar bacaan dengan halaman-halaman
topik, pelajaran-peajaran dan halaman minat dan kepentingan komuitas sekolah.
Berdasarkan uraian di atas maka penulis tertarik untuk membuat makalah, suatu
studi pustaka untuk mengetahui lebih jauh tentang e-library dan manfaatnya.
mengoptimalkan layanan perpustakaan bagi komunitas sekolah. Dengan kajian
ini diharapkan memberikan informasi kepada masyarakat,khususnya komonitas
komunitas Pengguna Perpustakaan tentang e-library dan apa yang bisa
dilakukan dengan e-librar
B. Tujuan Penulisan
Adapun tujuan penulisan ini berdasarkan pada permasalahan di atas adalah
sebagai berikut:
1. Perpustakaan sebagai salah satu faktor terpenting sekolah berupaya untuk
selalu neningkatkan pelayanan bagi komonitas sekolah agar dapat memeberikan
askes yang mendukung bagi peningkatan kualitas komonitas Pengguna Perpustakaan
2. e-Library merupakan hal yang baru yang dapat mendukung kegiatan
komunitas sekolah dalam mengaskes informasi untuk kepentingan
meningkatkanmutu pendiddikan.
3. Memasyarakatkan penggunaan e-ibrary di sekolah.
C. Manfaat Penulisan
Sesuai dengan latar belakang dan tujuan penulisan di atas maka penulisan
makalah ini diharapkan mampu memberikan suatu konstribusi kepada
masyarakatagar memanfaatkan media tehnologi komonitas pada perpustakaan
dan menggunakanya untuk mendapatkan akses yang menunjang sesuai dengan
kebutuhan manfaat yang ndapat dirasakan oleh komonitas pengguna Perpustakaan
TINJAUAN KEPUSTAKAAN
A. Pengertian Perpustakaan
Berdasarkan School Libraries and Resource Centers Section, manifesto
Perpustakaan Sekolah IFLA/UNESCO : Perpustakaan Sekolah dalam
Pengajaran
dan Pembelajaran untuk Semua.
Perpustakaan sekolah menyediakan informasi dan ide yang merupakan dasar
keberhasilan fungsional dalam masyarakat masa kini yang berbasis
pengetahuan dan informasi. Perpustakaan sekolah membekali murid berupa
keterampilan pembelajaran sepanjang hayat serta imajinasi, memungkinkan
mereka hidup sebagai warganegara yang bertanggungjawab
Kalau kita perhatikan definisi perpustakaan tersebut terdapat lima un sur
yaitu:
1. Wadah tempat
2. Bahan pustaka
3. Disusun menurut sistim tertentu
4.Memasyarakatkan pembaca
5.Guna meningkatkan mutu kehidupan
B. Misi Perpustakaan Sekolah
Perpustakaan sekolah menyediakan jasa pembelajaran, buku dan sumber daya
yang memungkinkan semua anggota komunitas sekolah menjadi pemikir kritis
dan pengguna informasi yang efektif dalam berbagai format dan media
perpustakaan
sekolah berhubungan dengan jaringan perpustakaan dan informasi yang lebih
luas. Sesuai dengan prinsip Manisfesto Perpustakaan umum yang dikeluarkan
oleh UNESCO.
Staf perpustakaan menunjang penggunaan buku dan sumber informasi lainnya,
mulai dari buku fiksi sampai dokumenter, dari tercetak sampai elektronik, yang
tersedia di sekolah maupun tempat lain. Materi tersebut melengkapi dan
memperkaya buku ajar, bahan dan metodologi mengajar
Telah terbukti, jika para pustakawan dan guru bekerja sama, maka murid akan
mencapai tingkat literasi, kemampuan membaca, belajar, memecahkan masalah
serta keterampilan teknologi informasi dan komunikasi yang lebih tinggi. Jasa
perpustakaan sekolah harus diselenggarakan secara adil dan merata bagi semua
anggota komunitas sekolah tanpa membeda-bedakan umur, ras, jenis kelamin,
agama, kebangsaan, bahasa, status profesional ataupun sosial. Jasa dan materi
khusus perpustakaan harus disediakan bagi mereka yang tak mampu
menggunakanarus utama jasa dan materi perpustakaan
C. Legislasi Pembiayaan dan Jaringan
Perpustakaan sekolah memiliki arti penting bagi strategi jangka panjang
pengembangan literasi, pendidikan, penyediaan informasi serta ekonomi, sosial
dan budaya Sebagai bentuk tanggungjawab para peajabat berwenang local
regional dan nasional,maka hal itu perlu dukungan legislagi dan kebijakan
khusus perpustakaanPerpustakaan sekolah harus memperoleh pendanaan yang
mecukupi dan berlanjut untuk keperluan tenaga terlatih,materi perpustakaan
Pemenuhan tersebut hendaknya Cuma – Cuma perpustakaan sekolah merupakan
mitra..
penting dalam jaringan perpustakaan dan informasi lokal, regional, dan nasional.
Jika perpustakaan sekolah berbagi fasilitas dan/atau sumber daya dengan jenis
perpustakaan lain, seperti perpustakaan umum, maka tujuan khas perpustakaan
sekolah harus diakui dan dipertahankan.
D. Implementasi Manifesto
Pemerintah, melalui kementerian yang bertanggung jawab atas pendidikan,
didorong untuk mengembangkan strategi, kebijakan dan perencanaan yang
mengimplementasikan prinsip Manifesto ini. Perencanaan hendaknya mencakup
penyebaran Manifesto ini pada program pelatihan awal dan kesinambungan bagi
pustakawan dan guru.
E. Tujuan Perpustakaan Sekolah
Perpustakaan sekolah merupakan bagian integral proses pendidikan. Berikut ini
butiran penting bagi pengembangan literasi, literasi informasi, pengajaran,
pembelajaran dan kebudayaan serta merupakan jasa inti perpustakaan sekolah:
1. Mendukung dan memperluas sasaran pendidikan sebagaimana digariskan
dalam
misi dan kurikulum sekolah.
2. Mengembangkan dan mempertahankan kelanjutan anak dalam kebiasaan dan
keceriaan membaca dan belajar, serta menggunakan perpustakaan sepanjang
hayat mereka.
3. Memberikan kesempatan untuk memperoleh pengalaman dalam menciptakan
dan menggunakan informasi untuk pengetahuan, pemahaman, daya pikir dan
keceriaan.
4. Mendukung semua murid dalam pembelajaran dan praktek keterampilan
mengevaluasi dan menggunakan informasi, tanpa memandang bentuk, format
atau media, termasuk kepekaan modus berkomunikasi di komun
5. Menyediakan akses ke sumber daya lokal, regional, nasional dan global dan
kesempatan pembelajar menyingkap ide, pengalaman dan opini yang beraneka
ragam.
6. Mengorganisasi aktivitas yang mendorong kesadaran serta kepekaan budaya
dan
sosial.
7. Bekerja dengan murid, guru, administrator dan orangtua untuk mencapai misi
sekolah
akses fisik dan intelektual ke sumber informasi yang sesuai, menyediakan
fasilitas
Fungsi perpustakaan sebagai berikut :
1.Fungsi Akumulasi dan prevervasi
2.Fungsi pendidikan
3.Fungsi penelitian
4.Fungsi Inspirasi
5.Fungsi rekreasi
F. Staf
Pustakawan sekolah adalah anggota staf berkualifikasi profesional yang
bertanggung jawab atas perencanaan dan pengelolaan perpustakaan sekolah,
sedapat mungkin dibantu staf yang cukup,bekerja sama dengan semua anggota
komunitas sekolah ,dan berhubungan dengan perpustakaan umum lainya
Peran pustakawan sekolah bervariasi tergantung pada anggaran, kurikulum dan
metodologi pengajaran di sekolah, dalam batas kerangka kerja keuangan dan
perundang-undangan nasional. Di dalam konteks khusus, ada ranah umum
pengetahuan yang penting jika pustakawan sekolah mengembangkan dan
mengoperasikan jasa perpustakaan sekolah yang efektif: yaitu mencakup sumber
daya, manajemen perpustakaan dan informasi serta pengajaran. Di dalam
lingkungan jaringan yang makin berkembang, pustakawan sekolah harus
kompeten
dalam perencanaan dan pengajaran keterampilan menangani informasi yang
berbeda-beda bagi guru dan murid. Dengan demikian, pustakawan harus
melanjutkan pengembangan dan pelatihan profesionalnya.
G. Penyelenggaraan dan Manajemen
Untuk menjamin penyelenggaraan yang efektif dan dapat dipertanggung
jawabkan, maka :
1. Kebijakan mengenai jasa perpustakaan sekolah harus dirumuskan guna
menentukan tujuan, prioritas dan jasa dalam kaitannya dengan kurikulum
sekolah.
2. Perpustakaan sekolah harus terorganisasi dan dikelola sesuai standar
profesional.
3. Jasa hendaknya dapat diakses oleh semua anggota komunitas sekolah dan
diselenggarakan dalam konteks komunitas lokal.
4. Kerjasama dengan guru, manajemen senior sekolah, administrator, orang tua
murid, pustakawan dan profesional informasi lainnya dan kelompok
komunitas harus didorong
H. Pengertian e-library
e-library merupakan suatu kumpulan/koleksi artikel-artikel dan laporan yang
tersedia untuk bacaan on line atau download. e-library mengarah pada inisiatif
pembelajaran integratif.
e-library merupakan sumber yang sempurna untuk mengirimkan teks lengkap
dan referensi penting mutimedia, serta mudah untuk digunakan dalam
gambar, website penddik dari pusat pekerjaan rumah dan file audio/video
(hhtp://www.proquesttk.com/productinfo/elibrary.shtm)
A. Komponen e-library
Berdasarkan pada pengertian e-library komponen yang diperlukan di dalam elibrary
diantaranya:
1. Perangkat komputer.
2. Koneksi dengan internet.
3. Ensiklpedia elektronik.
4. e-books.
5. Koleksi CD pembelajaran interaktif.
6. File audio/video.
7. Katalog buku.
B. e-library yang Dapat Mengoptimalkan Layanan Perpustakaan
1. Semua komponen e-library tidak hanya dapat memberikan kontribusi yang
optimal bagi layanan perpustakaan
tetapi juga membantu meningkatkan
kemampuan di bidang teknologi informasi dan komunikasi.
2. e-library memberikan layanan mengembangkan imajinasi dan daya fikir jauh
ke depan dengan memberikan informasi yang diperolehnya sesuai apa yang ingi
dicapainya
3. e-library memberikan informasi yang cepat dan tepat ke sasaran, walaupun
sering kali terbentur pada masalah bahasa karena sebagian besar sumber elibrary
menggunakan bahasa Inggris. Tetapi, justru hal ini menjadi pemicu agar
meningkatkan kemampuan bahasa Inggris dan juga membantu penguasaan
bahasa Inggris secara tertulis.
C. Pemanfaatan e-library bagi Komunitas Sekolah
Secara spesifik manfaat e-library bagi komunitas sekolah di antaranya:
1. Bagi Guru
a. Mendapatkan referensi tambahan untuk kepentingan mengajar dan
penelitian;
b. Mendapatkan sajian yang lebih menarik dan menantang untuk kepentingan
mengajar;
c. Meningkatkan kemampuan di bidang teknologi informasi.
2. Bagi Siswa
a. Mendapatkan referensi yang lengkap untuk kepentingan mengerjakan tugas
yang diberikan oleh guru;
b. Mendapatkan informasi tentang kemajuan-kemajuan informasi baik di
bidang pendidikan maupun bidang yang lainnya;
c. Meningkatkan kemampuan di bidang teknologi informasi.
3. Bagi Pustakawan
a. Mampu memberikan layanan yang lebih bervariasi bagi komunitas sekolah;
b. Mampu membantu komunitas sekolah dalam menyediakan informasi yang
diperlukan;
c. Dapat menyimpan data perpustakaan secara elektronik di komputer (Daftar
buku, katalog, daftar anggota, dan lain-lain);
d. Mempermudah dalam pencarian data tentang perpustakaan sekolah
e. Meningkatkan kemampuan di bidang teknologi informasi.
4. Bagi Sekolah
a. Komunitas sekolah memiliki kemampuan di bidang teknologi informasi
yang diharapkan dapat meningkatkan kualitas komunis sekolah;
b. Dengan memiliki komunitas yang berkualitas, sekolah akan menjadi sekolah
yang unggul dan dapat menghasilkan lulusan yang unggul yang dapat
berkompetisi di masyarakat dan menjadi generasi yang lebih baik yang
bermanfaat bagi masyarakat, bangsa dan negara.
D. Upaya menumbuhkembangkan e-library di sekolah
Banyak sekali manfaat yang dapat dan akan selalu dirasakan oleh komunitas
sekolah dalam memanfaatkan layanan e-library di sekolah sehingga diperlukan
upaya-upaya yang mendukung.
Upaya yang dapat dilakukan di antaranya:
1. Meningkatkan fasilitas di perpustakaan.
2. Jumlah komputer yang tersedia diharapkan mencukupi rata-rata penggunaan
bagi seluruh komunitas sekolah yang membutuhkan.
3. Melengkapi program-program yag tersedia dalam e-library.
4. Melengkapi dengan CD interaktif.
5. Meningkatkan kemampuan siswa, guru dan pustakawan di bidang teknologi
informasi.
6. Guru secara berkala memberikan tugas yang mengharuskan siswa mencari
jawabannya di e-library.
7. Guru selalu mencari bahan referensi untuk mengajar dan penelitian di elibrary.
8. Pustakawan selau siap membantu komunitas sekolah dapam menggunakan elibrary.

BAB III
KESIMPULAN DAN SARAN
A. Kesimpulan
Kesimpuan yang dapat diperoleh dari makalah ini adalah:
1. Perpustakaan sebagai salah satu faktor terpenting sekolah harus berusaha
untuk selalu meningkatkan pelayanan bagi komonitas sekolah agar dapat
memberikan akses yang mendukung.
2. e-Library merupakan hal yang baru yang dapat mendukung kegiatan
komunitas
sekolah dalam mengakses informasi untuk kepentingan peningkatan mutu
pendidikan.
3. Diperlukan usaha-usaha untuk menumbuhkembangkan penggunaan e-library
di sekolah diantaranya :
a. Meningkatkan fasilitas di perpustakaan;
b. Meningkatkan kemampuan siswa, guru dan pustakawan di bidang teknologi
informasi;
c. Guru secara berkala memberikan tugas yang mengharuskan siswa mencari
jawabannya di e-library;
d. Guru selalu mencari bahan referensi untuk mengajar dan penelitian di elibrary;
e. Pustakawan selau siap membantu komunitas sekolah dalam menggunakan elibrary.
B. Saran
1. Komunitas Pengguna Perpustakaan harus mendukung e-library untuk
meningkatkan mutu pendidikan.
2. Memasyarakatkan penggunaan e-library di sekolah bagi komunitas sekolah
bagi guru,siswa dan pustakawan.
3. Guru bekerja sama dengan pustakawan memilih e-books serta bahan bacaan
lainnya yang dapat digunakan siswa dalam memperdalam dan memperluas
pengetahuan untuk bekal hidup.
4. Siswa sebagai komunitas sekolah menggunakan e-library dalam megerjakan
tugas yang diberikan guru (selalu ke perpustakaan untuk mendapatkan jawabandari tugas guru baik dari buku maupun e-books).

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar